Selasa, 19 Oktober 2021, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI"

Senin, 11 Okt 2021, 11:59:05 WIB, 145 View Administrator, Kategori : Umum

Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat mengakomodir karakteristik pembelajaran abad 21 adalah Science, Technology, Engenering and Mathematics (STEM). STEM merupakan suatu pendekatan dimana Sains, Teknologi, Rekayasa dan Matematika diintegrasikan dengan fokus pada proses pembelajaran pemecahan masalah dalam kehidupan nyata, dimana konsep-konsep, prinsip-prinsip sains, teknologi, rekayasa dan matematika digunakan secara integrasi untuk mengembangkan produk, proses dan sistem yang memberikan manfaat untuk kehidupan manusia.

PPPPTK IPA memiliki fungsi utama dalam pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan IPA dan terus berusaha mengembangkan pembelajaran STEM yang cocok digunakan di Indonesia. Oleh karena nya PPPPTK IPA menyelenggarakan kegiatan STEM Education Leadership : Teacher Training - Batch 1. yang merupakan kerjasama PPPPTK IPA , p4tkipa matematika dengan universitas Pendidikan Indonesia, ALSI dan meriSTEM Singapura, yang dilaksanakan di De Java Hotel, Kota Bandung, pada tanggal 3 s.d. 9 Oktober 2021.

Kegiatan ini memiliki tujuan umum yaitu meningkatkan kompetensi guru sains dalam melaksanakan pembelajaran sains yang melatihkan keterampilan abad 21 serta tujuan khusus yaitu : 1). Membekali guru mengenai pendekatan STEM dalam pembelajaran sains serta penilaian pembelajaran sains berbasis STEM. 2).Mengembangkan kemampuan kepemimpinan dalam pembelajjaran STEM dan 3). Membangun komunitas pembelajaran profesional STEM di Indonesia.

Peserta kegiatan ini 60 (enam puluh) orang yang terdiri dari unsur guru IPA SMP, guru Matematika SMP dan dosen penggiat STEM Education.

Kegiatan ini dilaksanakan di Kab/Kota level 2 di Jawa Barat dengan jumlah peserta dibatasi sesuai ketentuan PPKM yang berlaku dan dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai Kemenkes No. HK 01.07/Menkes/328/2020 dalam melaksanakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), dengan kondisi Covid-19. Peserta diberikan masker , face shield dan hand sanitizer, dan peserta yang hadir telah melakukan pemeriksaan test antigen yang dibuktikan dengan surat keterangan menunjukan hasil tes antigen negatif.