Selasa, 22 Oktober 2019, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI"

Jumat, 14 Jun 2019, 14:57:20 WIB, 203 View Administrator, Kategori : Umum

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA)  menyelenggarakan Seminar Internasional dengan tema Science Education Towards 21th Century Skills and Industrial Revolution 4.0. Seminar berlangsung dari tanggal 8 – 10 Mei 2019 bertempat di PPPPTK IPA Jl. Diponegoro No. 12 Bandung. Menghadirkan pembicara dari Charles Darwin University (Australia), Nagoya University (Jepang), dan American Modeling Teaching Association (Amerika), Pusat Teknologi dan Komunikasi (Pustekom), dan Universitas  Pendidikan Indonesia, Seminar dihadiri oleh 300 peserta yang terdiri dari guru IPA dari berbagai wilayah di Indonesia, Widyaiswara, dan Pengembang Teknologi Pendidikan.

Pemakalah di sesi paralel adalah widyaiswara, PTP, staf Seameo QITEP in Science (SEAQIS) dan guru yang telah mengikuti program diklat di luar negeri.

Di sesi awal setelah pembukaan, adalah sesi pleno dimana pembicara utama menyajikan materinya. Di hari ke-dua dan  tiga, peserta dibagi kedalam tiga kelas parallel, yaitu kelas STEM, kelas IBL dan kelas MOOCS.

Para peserta sangat antusias pada kegiatan seminar ini, selain karena materi nya yang up-to-date dan para pembicara kelas duniia, juga karena untuk menghadiri seminar ini mereka tidak dipungut biaya sama sekali,

Tujuan dari penyelenggaraan Seminar Internasional ini yaitu memaparkan perkembangan pendidikan IPA dalam menghadapi pendidikan abad 21 serta pendidikan di era Revolusi Industri 4.0, mendiseminasikan hasil pendidikan dan pelatihan di luar negeri   oleh   Widyaiswara,   Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP), dan guru, menyediakan sarana berbagi informasi dan diskusi dalam pembelajaran IPA, memotivasi guru untuk menjalankan tugasnya dengan optimal dalam upaya peningkatan mutu pendidikan nasional, dan memotivasi guru untuk melakukan evaluasi kinerja berdasarkan kinerja yang telah dilakukan serta menemukan solusi dari kendala yang dihadapi di lapangan.

Bersamaan dengan Seminar Internasional, PPPPTK IPA juga menggelar Pameran Pendidikan IPA yang bertempat di area parkir PPPPTK IPA. Pameran ini melibatkan berbagai unsur yang bergerak di bidang pendidikan IPA, sekolah, dan komunitas di bidang Sains, penerbit buku, dan produsen alat pendidikan IPA. (ARh)