Rabu, 17 Juli 2019, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI"

Kamis, 11 Jul 2019, 09:39:59 WIB, 28 View Administrator, Kategori : Umum

Sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2017 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, dalam rangka Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat di bidang kesehatan dan pendidikan, pengembangan ekonomi lokal, infrastruktur dasar, infrastruktur digital, serta konektivitas guna mewujudkan masyarakat Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat yang damai dan sejahtera. Oleh sebab itu, Diklat Pembelajaran IPA SMP Berbasis STEM yang terintegrasi dalam Kurikulum 2013 Provinsi Papua tahun 2019 akan difokuskan pada peningkatan kemampuan pedagogi inkuiri guru dan keterampilan guru di bidang sains agar memiliki kemampuan membelajarkan peserta didik untuk menguasai kompetensi abad 21 melalui fasilitasi peningkatan kompetensi pendidik sains dan pengembangan pembelajaran sains berbasis STEM.
PPPPTK IPA menyelenggarakan kegiatan Diklat Pembelajaran IPA SMP Berbasis STEM yang Terintegrasi dalam Kurikulum 2013 Provinsi Papua yang akan dilaksanakan selama 6 (enam) hari pada tanggal 24 s.d. 29 Juni 2019 bertempat di Hotel Horison Kota Jayapura, fasilitator kegiatan adalah widyaiswara dan PTP PPPPTK IPA. Peserta kegiatan sebanyak 30 orang, yang terdiri dari guru IPA SMP yang berasal dari Provinsi Papua yakni Kota Jayapura, Kab. Jayapura, Kab. Keerom, Kab. Biak Numfor, Kab. Merauke, Kab. Wamena, Kab. Puncak Jaya, Kab. Mimika. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kompetensi guru sains dalam melaksanakan pembelajaran sains yang melatihkan keterampilan abad 21, melalui pembelajaran yang berbasis STEM terintegrasi kurikulum 2013. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah: meningkatnya pemahaman peserta terhadap materi diklat yang dipelajari; terbentuknya sikap yang positif terhadap pembelajaran IPA berbasis STEM; RPP yang menerapkan pendekatan STEM; laporan kajian dan praktik penggunaan unit pembelajaran STEM; dan Rencana Tindak lanjut. (RH.)