Selasa, 18 Januari 2022, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI"

Selasa, 17 Nov 2020, 19:46:40 WIB, 784 View Administrator, Kategori : Mitra

PPPPTK IPA bermitra dengan Indonesia Scientific Society (ISS), sebuah organisasi masyarakat sipil yang memiliki visi utama memajukan dunia ilmu pengetahuan dan pendidikan Indonesia, untuk melaksanakan Workshop Research Based Learning (RBL) untuk meningkatkan Sains Siswa. Research Based Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dikembangkan aliran konstruktuvisme. RBL juga merupakan model pembelajaran mengarah pada aktifitas analisis, sintesis dan evaluasi serta meningkatkan kemampuan peserta didik, guru dan dosen dalam hal asimilasi dan aplikasi pengetahuan (Widyawati 2010).

Kegiatan Research Based Learning (RBL) untuk meningkatkan Literasi Sains Siswa dilaksanakan selama tiga hari tanggal 13 s.d 15 November 2020 dengan moda tatap muka, kegiatan ini dilaksanakan di PPPPTK IPA Bandung. Kegiatan ini diikuti oleh 30 orang guru SMP dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Bandung Barat, adapun pengajar kegiatan ini dari PPPPTK IPA, UPI, UIN Bandung, Unpad, Unjani, dan Pembina ISS.

Melalui kegiatan Research Based Learning (RBL) untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa ini, diharapkan terwujudnya pembelajaran yang bermutu, inovatif dan produktif kepada peserta didiknya. Selain itu juga peserta didik dapat memiliki sikap ilmiah, kritis dan kreatif dalam melaksanakan Research Based Learning.

Kegiatan ini dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai Kemenkes No. HK 01.07/Menkes/328/2020 dalam melaksanakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dengan kondisi Covid 19. Selanjutnya setiap peserta diberikan masker, face shield dan hand sanitizer, dan peserta yang hadir telah melakukan pemeriksaan rapid test, yang dibuktikan dengan surat keterangan kesehatan dengan hasil non reaktif.