Selasa, 22 Oktober 2019, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI"

Kamis, 11 Jul 2019, 09:53:56 WIB, 272 View Administrator, Kategori : Umum

Merujuk pada Permendiknas Nomor 26 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Laboratorium Sekolah/Madrasah, maka penyelenggara sekolah/ madrasah wajib memiliki tenaga laboratorium sekolah/madrasah tersebut,. Sampai saat ini, banyak sekolah yang belum memiliki laboran yang sesuai dengan persyaratan dan tuntutan kompetensi yang ditetapkan.
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) sebagai unit pelaksana teknis yang bertugas melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan IPA, sejak tahun 2010 telah mengembangkan program pendidikan dan pelatihan (diklat) bagi guru yang mendapat tambahan tugas sebagai laboran dengan fokus pada peningkatan kompetensi administratif dan profesional. Melalui Diklat Laboran IPA ini diharapkan tersedianya tenaga Laboran yang kompeten dan memenuhi persyaratan administratif (bersertifikat) untuk melaksanakan tugasnya dan berdampak terhadap peningkatan mutu pembelajaran IPA di sekolah.
Kegiatan Calon Laboran (in service 2 ) diselenggarakan selama 4 (empat) hari dimulai tanggal 24 s.d. 27 Juni 2019 bertempat di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) dengan pola 30 jam pelatihan. Fasilitator pada kegiatan ini adalah Widyaiswara PPPPTK IPA. Peserta kegiatan iniadalah 37 orang calon laboran IPA dari 22 Provinsi dan 23 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia. Pelatihan bertujuan menyiapkan dan meningkatkan kemampuan administrative dan professional dalam mengelola laboratorium. Hasil dari Pelatihan Calon Laboran IPA adalah tersedianya tenaga Laboran IPA yang kompeten dan kredibel di sekolah sasaran/wilayah dinas pendidikan. (RH.)