Minggu, 22 September 2019, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI"

Jumat, 17 Mei 2019, 14:21:49 WIB, 77 View PIP PPPPTK IPA - Rinrin, Kategori : Umum

Guru mempunyai peran strategis dan penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Mengingat pentingnya tugas dan tanggung jawab mereka, diperlukan kompetensi, kreativitas, semangat, dan inovasi yang tinggi sehingga dapat mengemban tugas dan tanggung jawab tersebut. Salah satu kompetensi yang diperlukan guru adalah kemampuan menulis karya tulis ilmiah (KTI) serta mempublikasikannya. Untuk menjamin tercapainya kompetensi tersebut, maka upaya pembinaan seyogyanya dilakukan sebagai bagian dari upaya peningkatan kompetensi dan penguatan kemampuan guru dalam menulis KTI. Salah satu program pembinaan yang relevan adalah program Peningkatan Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah bagi Guru IPA jenjang SD, SMP, dan SMA seluruh Indonesia.

Pada tanggal 22 s.d 25 April 2019, PPPPTK IPA mengadakan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi Guru IPA jenjang SD, SMP, dan SMA seluruh Indonesia yang diikuti oleh sebanyak 80 orang guru.Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjelaskan ruang lingkup kajian penelitian, pemanfaatan digital untuk mencari solusi dalam permasalahan, mengembangkan informasi penerapan kiat-kiat publikasi ilmiah, dan pengembangan proposal penelitian.

Kegiatan ini diharapkan memberikan manfaat bagi guru untuk memahami  kebijakan dan program PPPPTK IPA tentang gerakan literasi nasional; terlaksananya refleksi kinerja guru dalam penelitian; meningkatnya pemahaman tentang ruang lingkup kajian penelitian dan pemanfaatan pemanfaatan digital untuk mencari solusi dan mengembangkan informasi; tersusunnya artikel ilmiah; tersusunnya draft proposal penelitian umum atau PTK; dan tersusunnya rencana tindak lanjut pasca pelatihan. (RH.)