Sabtu, 25 September 2021, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI"

Rabu, 28 Okt 2020, 09:44:39 WIB, 880 View Administrator, Kategori : Program

Program Standardisasi Pelatihan Guru IPA Bersertifikat Kepala Laboratorium telah dirintis PPPPTK IPA sejak tahun 2019. Diperlukan dukungan kebijakan dan regulasi dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan untuk mengatur standar pelaksanaan Diklat Kepala Laboratorium IPA.

Penyusunan Draft Regulasi Standardisasi Pelatihan Kepala Laboratorium telah dilakukan PPPPTK IPA bersama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Biro Hukum dan praktisi dari Perguruan Tinggi. Pada tanggal 22 Oktober 2020, kegiatan Penyusunan Draft Regulasi memasuki tahap ke-4. Kegiatan ini bertujuan untuk menelaah kembali rancangan regulasi Penugasan Guru sebagai Kepala Laboratorium Sekolah.

Terdapat beberapa tahapan yang masih harus dilakukan yaitu menelaah dan menyusun kembali juknis pelatihan kepala laboratorium sekolah, mendesain pelatihan, menyusun rancangan penetapan lembaga pelaksana pelatihan dan sistem pendataan sebagai lampiran dari draft regulasi.

Dengan adanya regulasi ini, diharapkan dapat mengatur pengelolaan pelatihan kepala laboratorium sekolah, sehingga pengelolaan laboratorium di sekolah dapat dilakukan terstandar dan profesional.