Sabtu, 25 September 2021, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI"

Rabu, 17 Jun 2020, 14:52:39 WIB, 1633 View Administrator, Kategori : Diklat

Pada hari Senin, 15 Juni 2020 PPPPTK IPA melaksanakan kegiatan Pembukaan Diklat Daring Massif dan Terbuka (Didamba) Angkatan 3 Tahap 1 melalui video conference dan dapat disaksikan secara langsung melalui kanal YouTube PPPPTK IPA.

Acara diawali dengan berdoa bersama, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya”. Selanjunya, Kepala PPPPTK IPA Bapak Enang Ahmadi,S.Pd.,M.Pd. menyampaikan laporan pelaksanaan Didamba Angkatan 3 Tahap 1. Disampaikannya bahwa Didamba Angkatan 3 Tahap 1 ini akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juni s.d 3 Juli 2020 (selama 3 minggu) dengan pola 36 JP, asumsi belajar daring 2-3 JP/hari. Pengajar Didamba adalah widyaiswara dan PTP PPPPTK IPA serta guru alumni diklat PPPPTK IPA yang tergabung dalam duta sains. Adapun peserta kegiatan ini adalah PTK IPA jenjang SD, SMP, SMA dan SMK di lingkungan Kemendikbud dari berbagai daerah di Indonesia. Jumlah pendaftar Didamba Angkatan 3 tahap 1 sebanyak 1.959 orang. Dari jumlah tersebut 1.636 orang menjadi peserta pada Angkatan 3 tahap 1 yang terbagi ke dalam 36 kelas dan 328 orang diikutsertakan pada Didamba Angkatan 4 tahap 1 yang rencannya akan dibuka Juli 2020.

Selanjutnya, disampaikan pengarahan sekaligus pembukaan Didamba Angkatan 3 Tahap 1 secara resmi oleh Sesditjen GTK, Kemendikbud, Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. Dalam arahannya Sesditjen GTK di antaranya menyampaikan sosialisasi program transformasi GTK . Program transformasi ini yang melahirkan guru penggerak, dan kepemimpin sekolah. Transformasi kepemimpinan pendidikan berawal dari isu krusial yaitu skor nilai PISA kita yang rendah. Program transformasi mengarah kepada peningkatan SDM yang unggul serta peningkatan skor PISA. Transformasi juga ditujukan bagaimana mengajar itu berorientasi kepada murid. Guru yang hebat adalah guru yang dapat mengidentifikasi kebutuhan siswa, kelemahan siswa serta dapat membantu siswa untuk menyelesaikan masalah siswa tersebut. Begitu pun kepemimpinan sekolah adalah hal yang sangat penting dalam transformasi pendidikan kita. Pemimpin pendidikan baik kepala dinas, kepala sekolah, aparat pemimpin pendidikan, pengawas sekolah, harus diorientasikan memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana murid belajarnya. Untuk itu tenaga pendidik harus selalu meningkatkan SDM-nya di antaranya dengan mwngikuti kegiatan Didamba yang dilaksanakan oleh PPPPTK IPA ini.

Seusai memberikan pengarahan dan membuka Didamba secara resmi, Sesditjen GTK berkenan berdialog dengan beberapa perwakilan peserta Didamba guru IPA jenjang SD, SMP dan SMA serta seorang peserta perwakilan dari kepala sekolah. Pada saat yang sama dialog juga dilakukan dengan Kepala Dinas Pendidikan Kota Samarinda dan Kepala Dinas Provinsi Sumatera Utara yang turut hadir pada pembukaan Didamba tersebut sebagai undangan khusus dari Kepala PPPPTK IPA.

Kegiatan diakhiri dengan penyampaian teknis pelaksanaan diklat yang disampaikan oleh Kepala Bidang Fasilitasi Peningkatan Kompetensi, Ibu Dr. Lina Herlina, M.Ed.