Sabtu, 25 September 2021, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI"

Kamis, 16 Apr 2020, 17:38:33 WIB, 2330 View Boris, Kategori : Diklat

News – Bertempat di Ruang Konferensi Video PPPPTK IPA Bandung meluncurkan diklat DIDAMBA Angkatan Kedua awal pekan ini (13/04). DIDAMBA adalah kependekan dari Diklat Daring Masif dan Terbuka. Diluncurkan pada awal 2020 silam, DIDAMBA menjadi program pelatihan paling inovatif dari PPPPTK IPA dalam menyiasati kondisi mewabahnya COVID-19 di Tanah Air.

Kegiatan pembukaan dilaksanakan secara daring melalui konferensi video oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud, Dr. Supriano, M.Ed., dihadiri oleh unsur pimpinan PPPPTK IPA, perwakilan pengampu dan admin DIDAMBA, perwakilan peserta DIDAMBA Angkatan Kesatu dan Kedua, serta perwakilan kepala dinas pendidikan yang gurunya telah atau akan menjadi peserta DIDAMBA, yaitu dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Timur, Kab. Banjar, Kab. Karanganyar, dan Kab. Kota Waringin Barat.

Dalam sambutannya, Dirjen GTK mengungkapkan apresiasi kepada PPPPTK IPA yang kembali menyelenggarakan DIDAMBA. Beliau berharap diklat seperti DIDAMBA ini akan menjadi model diklat masa depan karena dapat menghemat waktu dan anggaran. Selain itu, Dirjen GTK juga menyatakan apresiasi kepada seluruh peserta. Beliau berharap, PPPPTK IPA dapat menerima peserta lebih banyak sehingga lebih banyak lagi guru yang dapat dilayani.

Kepala PPPPTK IPA Enang Ahmadi, S.Pd., M.Pd mengatakan, DIDAMBA Angkatan Kedua ini sangat diminati guru-guru di berbagai daerah di Tanah Air. Sampai batas akhir pendaftaran online sudah 9.200-an guru yang mendaftar. Namun, karena keterbatasan infrastruktur yang masih dalam pengembangan, hanya 936 pendaftar yang dapat difasilitasi.

‘’Pola pelatihan DIDAMBA ini adalah full daring, jadi hanya dapat dijangkau dengan menggunakan internet,’’ tambah Kapus. DIDAMBA menyediakan 17 mata diklat yang sudah melalui tahap pengembangan sejak Angkatan Kesatu, yang semula 11 mata diklat. Salah satu mata diklat baru yang diselenggarakan membahas tentang COVID-19 dan Pembelajaran Jarak Jauh yang amat relevan dengan kebutuhan guru di tengah Pandemi COVID-19. Mata diklat baru lainnya adalah Dasar-Dasar Robotika; Penggunaan bahan Alami sebagai Indikator Asam Basa melalui Pembelajaran Siklus Belajar SE; Suhu dan Kalor; Pemanfaatan Teknologi/Media Digital dalam Pembelajaran IPA Berbasis Computational Thinking; dan Penggunaan Media Pembelajaran PhET pada Materi Energi SD dan SMP.
Turut berpartisipasi dalam pembukaan DIDAMBA secara daring adalah Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud, TV Edukasi, dan sejumlah media massa nasional yang melakukan peliputan secara daring. Rangkaian acara Pembukaan DIDAMBA juga telah disiarkan secara live streaming di kanal Youtube PPPPTK IPA dan berhasil menjangkau 360 penonton. Rekaman acara pembukaan juga dapat diakses melalui kanal YouTube tersebut.