Minggu, 17 November 2019, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI"

Sabtu, 28 Sep 2019, 18:38:17 WIB, 821 View Boris, Kategori : Diklat

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 s.d 29 September 2019, bertempat di Hotel Whiz Prime Hotel Hasanuddin, Kota Makasar. Acara ini dibuka oleh Kasi Evaluasi PPPPTK IPA Dr. Liza Hanurani,M.Pd.

Program PKP ini dikembangkan mengikuti arah kebijakan Kemendikbud yang menekankan pembelajaran berorientasi pada “Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi atau (Higher Order Thinking Skill , (HOTS)”.

Peserta kegiatan ini adalah sebanyak 72 orang guru inti mapel IPA jenjang SMP, Region Sulawesi, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Kegiatan yang sama sedang dilaksanakan di Hotel Garuda Plaza Medan, Sumatera Utara. Peserta sebanyak 81 orang guru inti mata pelajaran Fisika, Kimia dan Biologi jenjang SMA Provinsi Aceh, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan.
Selanjutnya kegiatan yang sama juga sedang dilaksanakan di Holiday Inn Express Surabaya Center Point, Kota Surabaya, Jawa Timur. Peserta kegiatan yaitu 93 orang guru inti mata pelajaran IPA jenjang SMP dari Provinsi Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik melalui pembinaan guru dan merencanakan, melaksanakan sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS)

Manfaat dari kegiatan ini adalah membiasakan guru untuk membuat pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi mulai dari perencanaan pelaksanaan hingga penilaiannya, membiasakan peserta didik untuk berpikir tingkat tinggi sehingga dapat meningkatkan kompetensinya, serta memberi acuan kepada kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik.

Semoga kegiatan ini diharapkan dapat berdampak positif terhadap peningkatan mutu pembelajaran di sekolah.