Sabtu, 25 September 2021, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI"

Senin, 23 Nov 2020, 09:10:38 WIB, 1165 View Administrator, Kategori : Program

Pelayanan laboratorium sekolah dapat berjalan dengan baik dan profesional apabila tenaga laboratorium kompeten dalam menjalankan tugas, tanggung jawab dan wewenang di dalam mengelola laboratorium pendidikan. Untuk menjalankan fungsinya sebagai tenaga yang profesional yang akan memberikan pelayanan dalam mendukung proses pendidikan di sekolah diperlukan tenaga laboratorium yang mempunyai kualifikasi dan kompetensi yang disyaratkan dan diamanatkan dalam Permendiknas No. 26 tahun 2008 tentang standar tenaga laboratorium sekolah/madrasah. Namun kenyataan dilapangan bayak tenaga laboratorium khususnya kepala laboratorium sekolah yang belum sesuai dengan standar Permendiknas No. 26 tahun 2008 tersebut.

Menindaklanjuti pembahasan terkait dukungan kebijakan dan regulasi rencana program standarisasi pelatihan guru IPA bersertifikat yang diberi tugas sebagai Kepala Laboratorium yang digagas oleh PPPPTK IPA Bandung, Sekretariat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikat Kemendikbud menyelenggarakan kegiatan dengan agenda pembahasan program standarisasi pelatihan guru IPA bersertifikat yang diberi tugas sebagai kepala laboratorium.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 19 s.d 21 November 2020 bertempat di Arion Swiss Bel-Hotel , Jl. Otto Iskandar Dinata, Bandung.

Adapun peserta yang di undang adalah dari unsur Sekretaris Direktur Jenderal GTK Kemdikbud, Kepala Biro Hukum Organisasi Kemdikbud, Direktur Pendidikan Profesi dan pembinaan Guru dan Tenaga Pendidikan, Kepala PPPPTK IPA, manajemen dan perwakilan widyaiswara PPPPTK IPA, Direktorat pendidikan profesi dan pembinaan GTK, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dan staf pokja hukum Setditjen GTK Kemdikbud.

Diharapkan dengan kegiatan ini upaya program standarisasi pelatihan guru IPA bersertifikat yang diberi tugas sebagai kepala laboratorium sekolah dapat terwujud sesuai Permendiknas No. 26 Tahun 2008. Sehingga dapat meningkatkan penguatan kompetensi manajerial dan kompetensi profesional bagi guru IPA SMP/SMA yang diberi tugas tambahan sebagai kepala laboratorium. Dengan demikian kedepan, diharapkan dapat dihasilkan kepala laboratorium IPA yang kompeten untuk melaksanakan kegiatan pengembangan laboratorium sekolah dan mengelola kegiatan laboratorium secara profesional.