Minggu, 17 November 2019, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI"

Jumat, 04 Okt 2019, 10:17:40 WIB, 464 View Boris, Kategori : Umum

Setelah sebelumnya menghadirkan layanan kepada warga masyarakat Desa Melati serta SMP PGII Bandung. Ada empat (4) alasan mengapa Kemendikbud meluncurkan mobil bioskop keliling ini yaitu; belum meratanya kesempatan anak-anak daerah dalam menikmati karya film yang bermutu, semakin tumbuhnya dunia perfilman terutama yang sarat edukasi, bioskop keliling bukan hanya menyiarkan film tapi juga berbagai program tv edukasi yang selama ini kurang terjangkau, dan terakhir sarana untuk mengkomunikasikan kebudayaan. Target penonton dari program ini adalah masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan.

Dalam perkembangannya sesuai tugas fungsi PPPPTK IPA, “Modis Pisan” yang berarti “Mobil Pendidikan Semua Pintar Sains” merupakan sebuah layanan bagi masyarakat umum untuk mengenalkan konsep sains dalam bentuk demonstrasi sains dan pemutaran film/video pendidikan yang diharapkan dapat memberikan manfaat lebih banyak sesuai tugas dan fungsi PPPPTK IPA.

“Modis Pisan” juga merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh PPPPTK IPA untuk menghadirkan pengalaman berkenalan dengan berbagai konsep sains dengan cara yang menarik dan menyenangkan dimana saja, kapan saja, dan untuk semua.

Kegiatan ini dilaksanakan di Nuruzzaman Islamic Boarding School, Kec. Cilengkrang, Kab. Bandung, Jawa Barat, hari Selasa 1 Oktober 2019, yang diikuti oleh guru dan peserta didik jenjang SMP/SMA. Kegiatan diawali dengan demonstrasi alat-alat peraga sains dan diakhiri dengan pemutaran film nasional bertema pendidikan.

Selama kegiatan berlangsung, terlihat antusiasme para peserta begitu tinggi pada setiap rangkaian acara. Semuanya mengikuti dengan sangat bersemangat dari awal hingga akhir acara. Mereka saling berlomba untuk menjawab setiap pertanyaan seputar kegiatan dan materi yang diajukan oleh Tim Modis Pisan dalam sesi kuis berhadiah. Beberapa perwakilan peserta dalam testimoninya mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. Mereka jadi merasakan bahwa IPA itu sebenarnya tidaklah sulit. Siapa bilang belajar IPA itu membosankan? PPPPTK IPA punya beragam cara untuk mengajak kita belajar IPA dengan cara menarik dan menyenangkan diantaranya dengan kehadiran “Modis Pisan” ini. Mereka sangat senang dan berharap untuk bisa mengikuti kegiatan serupa di lain waktu.

Semoga dengan kehadiran “Modis Pisan” beserta Tim nya (Demo Sains dan Bioling) memberikan kebermanfaatan lembaga dalam program yang dapat menyentuh masyarakat, dan masyarakat yang jauh akan hiburan merasa senang dengan menambah wawasan melalui demo sains dan pemutaran film pendidikan.