Sabtu, 18 September 2021, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI"

Senin, 16 Agu 2021, 07:24:55 WIB, 225 View Administrator, Kategori : Diklat

Pada tanggal 12 s.d. 14 Agustus 2021, PPPPTK IPA menyelenggarakan Lokakarya 7 dan Lokakarya 8 Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 1 secara serentak di 8 kabupaten/kota sasaran PGP di Kalimantan, yaitu Kab. Kapua, Kab. Penajam paser Utara, Kota Pontianak, Kab. Kubu Raya, Kab. Sanggau, Kab. Landak, Kab. Mempawah, dan Kab. Tanah Laut. Penyelenggaraan Lokakarya 7 dan Lokakarya 8 di Kab. Tabalong dilaksanakan sehari lebih awal pada tanggal 11 s.d. 13 Agustus 2021.

Tema Lokakarya 7 adalah Festival Panen Hasil Belajar. Lokakarya 7 dilaksanakan selama 2 hari. Aktivitas di hari pertama adalah Kelas Belajar Calon Guru Penggerak (CGP) dengan agenda saling berbagi pengalaman dan mengevaluasi pelaksanaan program PGP bersama. Hari kedua berupa pameran dan Kelas CGP berbagi. Acara di hari kedua dihadiri oleh tamu undangan yang terdiri atas unsur dinas pendidikan, kepala sekolah, pengawas sekolah, komunitas praktisi, dan guru. Di hari kedua, CGP menyajikan capaian diri aksi nyata selama mengikuti PGP, program yang telah dilakukan, dampak positif yang terjadi, serta ide program selanjutnya. Tamu undangan diberi ruang untuk memberikan dukungan terhadap program CGP sesuai peran masing-masing dalam ekosistem pendidikan.

Agar penyelenggaraan sesi pameran dan kelas CGP pada Festival Panen Hasil Belajar dapat menjangkau lebih banyak khalayak, PPPPTK IPA menyiarkan reportase penyelenggaraannya secara langsung melalui kanal YouTube PPPPTK IPA. Reporter yang terdiri atas perwakilan Pendamping/Pengajar Praktik dan CGP dari setiap kab/kota melaporkan aktivitas yang dilakukan secara bergantian, dilanjutkan dengan liputan Kelas CGP Berbagi dari Kab. Kapuas dan Kab. Landak.

Dalam kondisi pandemi, Sesi Pameran dan Kelas CGP Berbagi dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Meski tamu undangan dibatasi dan sebagian atau bahkan seluruhnya hadir secara daring, mudah-mudahan berbagai praktik yang telah dilakukan oleh CGP dapat dibagi dengan baik, serta CGP mendapatkan dukungan untuk mewujudkan rencana program selanjutnya.

Penyelenggaraan Lokakarya 7 dilanjutkan dengan Lokakarya 8 di hari ketiga dengan tema Rencana Kerja. Aktivitas yang dilakukan adalah penyusunan rencana kerja pengembangan diri dan penyusunan rencana kerja sekolah yang berdampak pada murid.

Kita semua sangat bangga dan mengapresiasi komitmen perjuangan, semangat, dan daya juang CGP selama mengikuti PGP. Semoga setiap pengalaman dan pembelajaran yang didapatkan menjadi berkah yang menginspirasi setiap lapisan pendidikan di lingkungannya masing-masing dan semoga lahir para pemimpin yang mampu menggerakan komunitas belajar serta menjadi pemimpin pembelajaran masa depan.

Serentak bergerak wujudkan merdeka belajar. Guru bergerak Indonesia maju !