Senin, 16 September 2019, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI"

Jumat, 15 Mar 2019, 11:05:39 WIB, 431 View PIP PPPPTK IPA - Rinrin, Kategori : Umum

Pengembangan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan selama ini telah dilakukan melalui beberapa program kegiatan yang dilakukan di dalam negeri. Dalam rangka memberikan wawasan terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat, maka Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidikan Dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) memberikan kesempatan kepada guru untuk mengikuti pelatihan di luar negeri dengan tujuan meningkatkan kualitas dan daya saing sumber daya manusia Indonesia dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Peserta kegiatan ini merupakan guru – guru berprestasi yang telah melewati seleksi dan wawancara, karena program ini merupakan apresiasi bagi guru yang telah mengabdikan dirinya dengan penuh tanggung jawab dan berdedikasi serta memiliki prestasi dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik, sesuai dengan surat Dirjen Nomor  0174/B.B4lGT/2019 tentang informasi pemilihan peserta pelatihan pada Program Pelatihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan ke Luar Negeri Tahun 2019, dan sebanyak 40 guru telah dipilih. Terdapat 2 negara tujuan untuk kegiatan ini yaitu Australia dan Jepang. Pelatihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA ke Luar Negeri di Charles Darwin University (Australia) dengan peserta berjumlah 23  orang terdiri dari 15 orang guru dari seluruh Indonesia, 3 widyaiswara PPPPTK IPA serta 2 Pengembang Teknologi Pembelajaran dan 3 orang pejabat struktural PPPPTK IPA, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran berupa bahan ajar sains digital yang dapat diaplikasikan pada pembelajaran dengan framework MOOCs. Pelatihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA ke Luar Negeri di Charles Darwin University (Australia) dan Nagoya University (Jepang) dengan peserta berjumlah 37  orang terdiri dari 25 orang guru dari seluruh Indonesia, 10 widyaiswara PPPPTK IPA dan 2 orang pejabat struktural PPPPTK IPA, bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru dalam menerapkan pembelajaran IPA berbasis ikuiri dan pembelajaran STEM dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran IPA dan sekolah sesuai dengan Keterampilan Abad 21 dan Revolusi Industri 4.0.

Kegiatan Pre Departure dilaksanakan tanggal 26 s.d. 28 Februari 2019 di PPPPTK IPA dan Merlynn Park Hotel. Pembukaan  kegiatan Pre Departure di PPPPTK IPA di buka secara resmi oleh Kepala PPPPTK IPA, Dr. Sediono, M.Si, selanjutnya Kepala Bidang Program dan Informasi, Dr. Eneng Susilawati, M.Sc. selaku Penanggung Jawab kegiatan menyampaikan orientasi program kepada peserta, kemudian peserta mengikuti video conference bersama Greg Shaw, dekan Charles Darwin University (Australia) selama 60 menit, pada sesi ini peserta berinteraksi secara langsung dan bertanya jawab mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan yang akan dilaksanakan di Charles Darwin University (Australia), dan selanjutnya peserta mengikuti penjelasan teknis untuk persiapan keberangkatan yang disampaikan oleh widyaiswara dan Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) PPPPTK IPA. Setelah mengikuti serangkaian kegiatan pre departure, peserta menuju Merlynn Park Hotel Jakarta, dan mengikuti acara pelepasan seluruh peserta yang tergabung dalam program pelatihan ke luar negeri di kantor Kemendikbud Jakarta, tanggal 27 Februari 2019 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy. Muhadjir Effendy menyampaikan pesan untuk memanfaatkan kesempatan pelatihan dengan sebaik-baiknya. "Manfaatkan kesempatan ini untuk memperoleh pengalaman dan belajar sebanyak mungkin. Nantinya semua itu bisa ditularkan, disebarkan kepada kolega sehingga mengubah keadaan menjadi lebih baik.". (RH).