Sabtu, 25 September 2021, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI"

Rabu, 03 Okt 2018, 07:46:56 WIB, 960 View PIP PPPPTK IPA - Rinrin, Kategori : Umum

 

Dari beberapa hasil penelitian, need assesment, dan pengalaman dalam memfasilitasi guru mengenai kurikulum 2013, terdapat indikasi kemampuan pedagogik inkuiri guru masih perlu ditingkatkan. Kondisi ini menunjukan adanya kebutuhan guru untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Permenegpan nomor 16 tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya menyatakan adanya sistem yang memfasilitasi guru untuk meningkatkan kompetensi yaitu melalui Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Peningkatan kompetensi yang tersedia selama ini umumnya singkat dan tanpa layanan pasca diklat dalam bentuk pendampingan atau fasilitasi untuk implementasi di sekolah.  Begitu pula diklat yang khusus mengenai inkuiri masih terbatas dan belum komprehensif.

Untuk mempersiapkan para Widyaiswara dan Pengembang Teknologi Pendidikan yang tergabung dalam tim pengembang pembelajaran IPA berbasis inkuiri, terutama dalam melaksanakan program Pengembangan Pembelajaran Berbasis Inkuiri Tahun 2018, maka PPPPTK IPA menyelenggarakan kegiatan In-house Training Penguatan Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri. Peserta kegiatan IHT ini sebanyak 41 orang yang terdiri dari 35 orang widyaiswara dan 6 (enam) orang pengembang teknologi pendidikan dari PPPPTK IPA. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari mulai tgl 7 s.d 12 Maret 2018 di PPPPTK IPA, Jl. Diponegoro No. 12, Bandung.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan pemahaman para WI dan PTP sebagai calon fasilitator program pembelajaran inkuiri tentang konsep inkuiri dan level-levelnya, scientific practices and intellectual skills dari setiap level inkuiri, penilaian dalam pembelajaran inkuiri, dan penerapan pembelajaran IPA berbasis inkuiri dan strategi pelaksanaan Pendidikan dan pelatihan program inkuiri; dan eningkatkan kompetensi para WI dan PTP dalam menggunakan unit pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran IPA SMP dan Fisika/Kimia/Biologi SMA.

Kompetensi yang diharapkan dicapai oleh para WI dan PTP dari kegiatan ini adalah:  Memahami arah kebijakan PPPPTK IPA dalam implementasi kebijakan nasional tentang pendidikan abad 21; Memahami grand design program inkuiri dalam pembelajaran IPA; Memahami hakikat IPA sebagai landasan pembelajaran berbasis inkuiri; Memahami konsep dan level inkuiri dalam pembelajaran IPA; Memahami konsep scientific practices and intellectual skills dalam pembelajaran IPA berbasis inkuiri; Menerapkan  keterampilan dan teknik bertanya pada pembelajaran IPA berbasis inkuiri; Menyusun instrumen penilaian  dalam  pembelajaran IPA berbasis inkuiri; Memahami unit pembelajaran yang memuat learning sequence, skenario, lembar kegiatan dan penilaian pembelajaran inkuiri; Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam perencanaan pembelajaran  sebagai   media komunikasi; dan Menyusun Rencana Tindak Lanjut (RTL) sebagai acuan kegiatan pembelajaran berbasis inkuiri. (RH.)