Rabu, 17 Juli 2019, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI"

Senin, 14 Jan 2019, 13:00:36 WIB, 439 View PIP PPPPTK IPA - Rinrin, Kategori : Program

Peningkatan kualitas pembelajaran IPA merupakan upaya yang tidak bisa ditunda-tunda lagi sejalan dengan berbagai tantangan yang dihadapi peserta didik saat ini. Dalam pembelajaran IPA, penggunaan model pembelajaran berbasis inkuiri merupakan cara yang tepat untuk membantu siswa memahami IPA. Dengan melakukan inkuiri,  siswa belajar bagaimana mengajukan pertanyaan dan menggunakan bukti untuk menjawabnya. Dalam proses pembelajaran inkuiri, siswa belajar melakukan penyelidikan dan mengumpulkan bukti dari berbagai sumber, mengembangkan penjelasan dari data, mengomunikasikan dan mempertahankan kesimpulan mereka. Kemampuan-kemampuan yang dipelajari siswa dalam inkuiri tersebut dapat membekali siswa untuk berpikir kritis, kreatif, dan mampu berkomunikasi. Ketiga kemampuan ini merupakan tuntutan dari keterampilan abad 21 yang perlu dikuasai oleh siswa.

Untuk membekali siswa dalam keterampilan abad 21 tersebut, terlebih dahulu harus ditingkatkan kemampuan guru IPA nya. Berdasarkan hal ini, PPPPTK IPA pada tahun 2018 memprogramkan pelatihan bagi guru inti dan pengurus MGMP mata pelajaran Kimia, Fisika, Biologi SMA dan IPA SMP dengan tema: Pengembangan Pembelajaran IPA berbasis Inkuiri.

Pelatihan yang merupakan kegiatan Tahap 1 telah dilaksanakan pada tanggal 9 s.d 16 Juli 2018 di Bandung. Peserta kegiatan terdiri atas guru inti dan ketua atau pengurus MGMP yang mewakili 20 MGMP IPA, 20 MGMP Fisika, 20 MGMP Kimia, dan 20 MGMP Biologi dari 61 kabupaten/kota dan 31 provinsi di Indonesia. Sebagai tindak lanjut pelatihan, peserta telah melaksanakan kegiatan tahap 2 yaitu OJL di sekolah masing-masing pada bulan Agustus s.d Oktober 2018 dan akan melanjutkan ke tahap 3, diseminasi di MGMP masing-masing pada rentang bulan Oktober sampai dengan bulan November 2018. Program diseminasi merupakan rangkaian program P2KM yang dilaksanakan oleh peserta yang telah mengikuti pelatihan guru inti dan pengurus MGMP serta OJL, dan dinyatakan kompeten untuk melakukan diseminasi kepada guru-guru anggota di MGMP masing-masing. Program ini dirancang 40 JP dengan materi pelatihan yang secara umum sama dengan pelatihan awal bagi guru inti dan pengurus MGMP. Kegiatan dilaksanakan selama  4 (empat) hari dalam rentang waktu mulai bulan Oktober sampai dengan November tahun 2018 bertempat di sekolah inti atau sekretariat MGMP sasaran. (RH.)