Selasa, 16 Juli 2019, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI"

Jumat, 14 Jun 2019, 14:59:45 WIB, 78 View Administrator, Kategori : Umum

Kegiatan Sosialisasi dan Diseminasi Rumah Belajar adalah tindak lanjut kordinasi Pustekkom dengan 12 PPPPTK, LP2KS, dan LP3TK KPTK. Demikian dikatakan oleh Yan Setiawan, Pengembang Teknologi Pendidikan dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi  Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom) Kemdikbud pada kegiatan yang berlangsung di Ruang Pasteur PPPPTK IPA tanggal 24 Mei 2019. Selain Yan, hadir pula Dr. Sediono Abdullah, M.Si (PTP Utama),  Sa’adah Ridwan (PTP Madya), dan Suderajat, staf bidang Pustekkom.

Lebih lanjut Yan mengatakan bahwa keterbatasan Pustekom yaitu bahwa  konten belajar belum maksimal, jadi Pak Dirjen (Direktur Jenderal GTK) ingin PPPPTK membantu untuk menyediakan konten dimaksud. Kini, Pustekkom sedang mengembangkan bagaimana agar Widyaiswara bisa mengupload sendiri konten ke Rumah Belajar.

Selain itu, masih dalam kaitannya dengan Rumah Belajar, diharapkan Widyiswara yang sedang pelatihan ke daerah bisa membantu mendiseminasikan Rumah Belajar  ke guru-guru di daerah.

Dikatakan Yan bahwa Pustekkom sejak tahun 2012 telah melaksanakan duta Rumah Belajar melalui guru-guru. Di setiap pelatihan disisipkan bagaimana cara pemanfaatan Rumah Belajar. Di kesempatan yang sama, Dr Eneng Susilawati Kepala Bidang Program dan Informasi PPPPTK IPA menyampaikan bahwa PPPPTK IPA memiliki beberapa modul yang bisa di unggah di Rumah Belajar untuk memenuhi konten Rumah Belajar di bidang Sains. Modul-modul tersebut diantaranya adalah modul PKB, Modul IBL dan STEM, dan modul PKP.  Selain itu, nantinya dari setiap diklat akan  dipilih Duta Science yang akan membantu menggaungkan Rumah Belajar ke guru-guru di daerah, lanjutnya.

 

Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang disiapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berisi lebih dari 12.934 materi belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sebagai sumber media pembelajaran. Dengan jargon: Belajar di mana saja, kapan saja, dengan siapa saja, Rumah Belajar sangat mudah diakses. Begitu di-klik, langsung muncul halaman pertama dengan berbagai menu pilihan kelompok materi belajar. Pada menu Fitur Utama terdapat delapan kelompok konten, yaitu Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya. Sedangkan pada menu Fitur Pendukung terdapat tiga kelompok konten, yaitu Karya Guru, Karya Komunitas, serta Karya Bahasa dan Sastra. Ada pula materi pembelajaran yang terhimpun dalam Fitur Pendukung. ARh)