Senin, 02 Agustus 2021, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI"

Kamis, 24 Des 2020, 15:41:41 WIB, 916 View Administrator, Kategori : Diklat

PPPPTK IPA sebagai unit pelaksana teknis yang bertugas melaksanakan pengembangan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan IPA. Mulai tahun 2010 telah mengembangkan program pendidikan dan pelatihan (diklat) tenaga laboratorium.

Fokus bahasan pada Diklat Peningkatan Kompetensi Kepala Laboratorium IPA lebih ditekankan pada peningkatan kompetensi manajerial dan profesional, sehingga PPPPTK IPA melaksanakan kegiatan Diklat Peningkatan Kompetensi Kepala Laboratorium IPA angkatan 2, pada tanggal 4 s.d 6 Desember 2020 bertempat di PPPPTK IPA Jalan. Diponegoro No. 12 Bandung. Kegiatan ini sudah memasuki tahap In Service Training 2 (In 2), sebelumnya In Service Training 1 (In 1) telah dilaksanakan pada tanggal 10 s.d 18 November 2020, dan On The Job Training (OJT) telah dilaksanakan pada tanggal 20 November s.d 2 Desember 2020. Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang guru mata pelajaran IPA SMP yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala Laboratorium, dengan pengajar dari Widyaiswara PPPPTK IPA.

Melalui kegiatan Diklat Peningkatan Kompetensi Kepala Laboratorium IPA diharapkan dapat dihasilkan tenaga laboratorium IPA yang kompeten untuk melaksanakan tugasnya yang pada akhirnya dapat berdampak positif terhadap peningkatan mutu pembelajaran IPA di sekolah.

Kegiatan ini dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan yang sesuai Kemenkes No. HK 01.07/Menkes/328/2020 dalam melaksanakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), dengan kondisi Covid-19. Selanjutnya setiap peserta diberikan masker, face shield dan hand sanitizer, dan peserta yang hadir telah melakukan pemeriksaan rapid test, yang dibuktikan dengan surat keterangan kesehatan dengan hasil non reaktif.