Minggu, 17 November 2019, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI"

Rabu, 16 Okt 2019, 17:24:46 WIB, 774 View Boris, Kategori : Diklat

Pada tanggal 14 s.d 18 Oktober 2019 PPPPTK IPA menyelenggarakan kegiatan Diklat Pengembangan Inovasi Pembelajaran Melalui Media Digital Bagi Guru IPA, bertempat di PPPPTK IPA Jalan Diponegoro 12 Kota Bandung, dengan sasaran kegiatan adalah guru-guru mata pelajaran IPA yang mewakili 34 Provinsi di Indonesia, yang seluruhnya berjumlah 100 peserta. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Bidang Fasilitasi dan Peningkatan Kompetensi, Ibu Dr. Lina Herlina,M.Ed.

PPPPTK IPA merintis Bimbingan Teknis Pengembangan Inovasi Pembelajaran Melalui Media Digital Bagi Guru IPA, sebagai salah satu upaya untuk mendorong Guru IPA lebih aktif memanfaatkan teknologi digital dalam rangka memperluas jangkauan sumber belajar yang bermutu agar dapat diakses oleh masyarakat luas.

Pembelajaran yang saat ini banyak dikembangkan merupakan pembelajaran yang menerapkan kecakapan pembelajaran abad 21 dan revolusi industri 4.0, hal ini menggiring kita tidak lagi hanya menggunakan teknologi sebagai pembelajaran atau hanya sebagai pengguna tetapi kita wajib mengembangkan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran.

Dalam desain pembelajaran digital yang sangat diperlukan adalah konten pembelajaran dan desain instruksional pada proses pembelajaran digital. Konten digital adalah bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai suatu kompetensi tertentu dengan memanfaatkan lingkungan dan infrastruktur digital. Dengan demikian konten pembelajaran digital memiliki bentuk yang sangat beragam menjadi Digital Resource yang dapat digunakan tanpa batas ruang dan waktu.

Program Diklat Pengembangan Inovasi Pembelajaran Melalui Media Digital dikembangkan secara umum untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru IPA dalam bidang pengembangan media digital. Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tersusunnya garis besar isi media dan jabaran materi untuk konten materi digital serta tersusunnya buku interaktif digital sebagai inovasi pembelajaran. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatnya kompetensi guru dalam pengembangan inovasi pembelajaran, serta melalui inovasi pembelajaran media digital diharapkan pembelajaran lebih menarik peserta didik untuk mendalami konten.