Minggu, 17 November 2019, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI"

Jumat, 11 Okt 2019, 18:57:09 WIB, 595 View Boris, Kategori : Diklat

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 7 s.d 10 Oktober 2019, bertempat di PPPPTK IPA, Jalan Diponegoro 12 Kota Bandung. Acara ini dibuka oleh Kepala PPPPTK IPA, Bapak Enang Ahmadi,M.Pd.

Dalam rangka mendukung, memfasilitasi dan membina keberlangsungan kegiatan peningkatan profesionalisme guru dalam komunitasnya, PPPPTK IPA membuat portal komunitas binaan PPPPTK IPA. Portal ini merupakan sarana, fasilitas yang diberikan PPPPTK IPA untuk KKG dan MGMP binaannya yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, untuk menuangkan profil komunitas, kegiatan pembelajaran di komunitas, media dan sumber belajar bagi anggota komunitas, instruktur, dan pengurus komunitas. Melalui portal ini PPPPTK IPA dapat melihat, memonitor, dan membina serta memberikan masukan-masukan yang membangun melalui portal komunitas binaannya secara jarak jauh dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pemahaman , pengetahuan dan keterampilan mengenai trend kurikulum pendidikan IPA dan keterampilan abad 21, memberikan sarana fasilitas bagi komunitas binaan PPPPTK IPA untuk keberlangsungannya dalam peningkatan profesionalisme guru IPA, menginventarisasi komunitas binaan PPPPTK IPA, memonitor kegiatan peningkatan kompetensi yang dilakukan komunitas binaan PPPPTK IPA dan membina komunitas dalam memanfaatkan portal komunitas PPPPTK IPA sebagai media dan sumber belajar di komunitas.

Peserta kegiatan ini adalah pengurus komunitas MGMP binaan PPPPTK IPA sebanyak 100 orang terdiri dari perwakilan MGMP IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi dari beberapa daerah di Indonesia.

Manfaat dari kegiatan ini adalah meningkatnya kompetensi komunitas dalam peningkatan profesionalisme guru melalui portal komunitas KKG dan MGMP binaan PPPPTK IPA, terdatanya/teridentifikasinya komunitas KKG dan MGMP binaan PPPPTK IPA, serta termonitornya kegiatan yang dilakukan oleh KKG dan MGMP binaan PPPPTK IPA.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat berdampak positif terhadap peningkatan mutu pembelajaran di sekolah.