Selasa, 19 Oktober 2021, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI"

Kamis, 23 Sep 2021, 09:19:28 WIB, 278 View Administrator, Kategori : Diklat

PPPPTK IPA menyelenggarakan kegiatan Diklat Pembina Ekstrakurikuler Bidang IPA Jenjang SMP Angkatan 9 pada tanggal 20 s.d. 25 September 2020, bertempat di Harris Hotel & Convention Ciumbuleuit Kota Bandung. Peserta kegiatan adalah 40 orang guru IPA SMP di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berasal dari kota Bandung.

Diklat pembina Eskul Bidang IPA menitikberatkan pada melatihkan kemampuan sainspreneur peserta didik yaitu kemampuan melihat suatu permasalahan dan menggunakan cara-cara entrepreneur (wirausaha) untuk mengkreasi, mengorganisasi, dan memanajemen sebuah usaha (organisasi) untuk menciptakan terapan sains yang bermanfaat.Melalui program ini diharapkan akan tersedia pembina ekstrakulikuler bidang IPA yang kompeten untuk melaksanakan tugasnya dan berdampak terhadap peningkatan mutu pembelajaran IPA di sekolah.

Ekstrakuler bidang IPA menjadi wadah untuk mewujudkan literasi sains dan rekayasa dalam memanfaatkan sains untuk menghasilkan karya yang bermanfaat. Penyelenggaraan eksrakulikuler bidang IPA di sekolah , diharapkan dapat memotivasi peserta didik dalam meningkatkan prestasi akademik serta menekuni bidang IPA.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan kapasitas peserta dibatasi sesuai ketentuan PPKM yang berlaku dan mematuhi protokol kesehatan sesuai Kemenkes No. HK 01.07/Menkes/328/2020 dalam melaksanakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), dengan kondisi Covid-19. Selanjutnya setiap peserta diberikan masker , face shield dan hand sanitizer, dan peserta yang hadir telah melakukan pemeriksaan test antigen yang dibuktikan dengan surat keterangan kesehatan dengan hasil test antigen negatif.