Senin, 02 Agustus 2021, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI"

Kamis, 10 Des 2020, 09:41:08 WIB, 457 View Administrator, Kategori : Diklat

Ekstrakurikuler Bidang IPA menjadi wadah untuk mewujudkan literasi sains dan rekayasa dalam pemanfaatan sains untuk menghasilkan karya yang bermanfaat. Penyelenggaraan ekstrakurikuler bidang IPA di sekolah juga diharapkan dapat memotivasi peserta didik untuk meningkatkan prestasi akademik dan menekuni bidang IPA.

Kegiatan ekstrakurikuler memiliki manfaat yang sangat besar sehingga PPPPTK IPA sebagai unit pelaksana teknis yang bertugas melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan IPA melaksanakan kegiatan Diklat Pembina Ekstrakurikuler Bidang IPA jenjang SMP Angkatan 5.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 30 November s.d 5 Desember 2020 bertempat di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala PPPPTK IPA, Bapak Enang Ahmadi, S.Pd., M.Pd. dengan narasumber Widyaiswara PPPPTK IPA. Peserta kegiatan adalah 60 orang Guru IPA SMP di lingkungan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang berasal dari Provinsi Bali, Banten, Yogyakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tengah.

Melalui program ini diharapkan akan tersedia pembina ekstrakurikuler bidang IPA yang kompeten untuk melaksanakan tugasnya dan berdampak terhadap peningkatan mutu pembelajaran IPA di sekolah.

Kegiatan ini dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai Kemenkes No. HK 01.07/Menkes/328/2020 dalam melaksanakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), dengan kondisi Covid-19. Selanjutnya setiap peserta diberikan masker, face shield dan hand sanitizer, dan peserta yang hadir telah melakukan pemeriksaan rapid test, yang dibuktikan dengan surat keterangan kesehatan dengan hasil non reaktif.