Minggu, 01 Agustus 2021, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI"

Jumat, 25 Jun 2021, 09:37:50 WIB, 134 View Administrator, Kategori : Diklat

PPPPTK IPA menyelenggarakan “Diklat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terintegrasi Kurikulum”, bertempat di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink Bandung, 16 s.d 22 Juni 2021. Kegiatan ini di buka oleh Kepala PPPPTK IPA Enang Ahmadi,S.Pd.,M.Pd.

Sains merupakan suatu proses kegiatan untuk mempelajari alam melalui kerja ilmiah untuk menghasilkan pemahaman konsep, prinsip, hukum, serta sikap ilmiah sehingga bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Proses ilmiah ini dikenal dengan inkuiri atau penyelidikan ilmiah. Program pengembangan dan pemberdayaan KKG/MGMP (P2KM) tahun 2021 akan difokuskan pada peningkatan kemampuan pedagogi inkuiri dan keterampilan guru dalam membelajarkan keterampilan intelektual siswa melalui pelatihan pembelajaran IPA berbasis inkuiri.

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali guru inti yang mewakili MGMP mengenai Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terintegrasi Kurikulum dengan menggunakan level inkuiri. Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan ini 1). Meningkatkan pemahaman terhadap materi diklat yang dipelajari 2). Terbentuknya sikap yang positif terhadap pembelajaran IPA berbasis inkuiri 3). Delapan contoh learning sequence pada topik terpilih 4). Delapan perangkat instrumen pembelajaran berbasis inkuiri kategori HOTS, 5). Laporan kajian unit pembelajaran dan 6). Rencana Tindak lanjut.

Peserta kegiatan adalah 60 orang terdiri dari Guru Inti/Pengurus/Anggota yang mewakili MGMP Fisika, Kimis dan Biologi SMA yang belum mengikuti pelatihan Pembelajaran IPS berbasis inkuiri yang dilakukan PPPPTK IPA.

Kegiatan ini dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai dengan Kemenkes No. HK 01.07/Menkes/328/2020 dalam melaksanakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dengan kondisi Covid-19, peserta yang hadir telak melaksanakan pemeriksaan antigen yang dibuktikan dengan surat keterangan kesehatan dengan hasil negatif.