Selasa, 18 Januari 2022, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI"

Senin, 23 Nov 2020, 09:12:42 WIB, 542 View Administrator, Kategori : Mitra

Salah satu program Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan untuk mewujudkan Merdeka Belajar adalah membangun komunitas pendidikan yang bergotong royong. Dalam rangka mendukung program tersebut, sekaligus melaksanakan fungsi PPPPTK IPA yaitu pelaksanaan kerja sama di bidang pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan IPA, maka PPPPTK IPA mengembangkan beberapa program kemitraan salah satunya dengan berbagai organisasi masyarakat yang bergerak di bidang pendidikan, sosial, dan keagamaan.

Salah satu kemitraan yang dilakukan adalah kemitraan dengan Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah dalam pelaksanaan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru IPA di sekolah Muhammadiyah. Bimtek ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan di sekolah dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan. Meningkatkan kompetensi guru IPA untuk mencapai standar kompetensi yang diterapkan, memutakhirkan kompetensi guru IPA untuk memenuhi kebutuhan guru dalam perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan seni, untuk memfasilitasi proses pembelajaran peserta didik, meningkatkan komitmen guru IPA dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai tenaga profesional, dan menunjang pengembangan karir guru.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 hari tanggal 17 s.d 20 November 2020 di Provinsi Sumatera Selatan Bengkulu, Bangka Belitung, Banten dan Sulawesi Selatan. Selanjutnya tanggal 22 s.d 25 November 2020 Provinsi Lampung, Jambi, Jawa Tengah, dan Yogyakarta.

Narasumber kegiatan dari manajemen PPPPTK IPA, majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, dan fasilitator merupakan peserta yang telah mengikuti peningkatan Kompetensi Guru IPA di lingkungan Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyyah.

Dengan peningkatan kompetensi guru diharapkan memberikan dampak pada peningkatan kompetensi lulusan, dengan lulusan yang kompeten diharapkan mampu meningkatkan daya saing bangsa pada persaingan dunia. Harapan lain dari kegiatan ini yaitu ada sebanyak 200 guru IPA yang telah mendapat pelatihan.