Rabu, 23 Januari 2019, WIB

Jumat, 30 Nov 2018, 09:11:38 WIB, 1114 View PIP PPPPTK IPA - Rinrin, Kategori : Program

Pada hari Senin tanggal 26 November 2018, bertepatan dengan Hari Guru Nasional, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhajir Effendy membuka kegiatan Simposium Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan IPA dengan tema Mewujudkan Gerakan Sadar IPA dan Teknologi melalui Pendekatan Inkuiri dan STEM yang diadakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidk dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA). Kegiatan Simposium ini diselenggarakan selama 4 hari pada tanggal 26 s.d 29 November 2018 bertempat  The Media Hotel & Towers Jakarta. Kegiatan simposium ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2018.

Kegiatan simposium diadakan sebagai sarana bagi guru IPA untuk mempresentasikan gagasan inovatif selama mengajar, sekaligus untuk memenuhi angka kreditnya. Simposium ini juga merupakan sarana presentasi ilmiah bagi guru inti, pengurus MGMP, maupun guru imbas yang telah membuat laporan karya tulis ilmiah. Melalu simposium ini dapat tersampaikan berbagai praktik baik (best practice) dan laporan ilmiah pelaksanaan implementasi pembelajaran berbasis inkuiri dan pendekatan STEM. 

Kegiatan ini diikuti oleh 400 peserta, terdiri atas  63 orang dari jenjang SD, 149 orang dari jenjang SMP, 188 orang jenjang SMA/SMK. Rangkaian kegiatan ini  terbagi atas tiga sesi, yaitu sesi pleno, sesi sidang paralel, dan sesi refleksi. Sesi pleno akan akan berisikan pembekalan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan serta paparan kajian tentang pembelajaran IPA di masa datang oleh berbagai narasumber dari lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Pada paparan sesi paralel, peserta akan mempresentasikan karya tulisnya dengan bantuan bahan tayang yang memadai yang difasilitasi oleh moderator. Adapun pada sesi refleksi, penanggung jawab akademik akan menyampaikan Executive Summary kegiatan dan memfasilitasi peserta untuk menyusun rencana tindak lanjutnya.

Harapan kami, melalui simposium  dapat memfasilitasi Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru dalam komponen publikasi ilmiah, juga untuk mendukung kebijakan Gerakan Literasi Nasional yang dicanangkan Kemendikbud. Selain itu juga diharapkan terjadi pertukaran informasi tentang pembelajaran di antara guru, sehingga dapat menjadi sumber inspirasi bagi guru agar dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA.



Selasa, 15 Jan 2019 ISODEL 2018: Making Education