Selasa, 13 November 2018, WIB

Senin, 02 Jul 2018, 10:52:30 WIB, 24988 View Administrator, Kategori : RBI

Mendikbud Prof. Dr. Muhazier Effendi, MAP berkunjung ke PPPPTK IPA dalam  rangka Workshop Penguatan Pendidikan Karakter untuk Membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Kehadiran Mendikbud disertai oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbud Didik Suhardi, P.Hd. pada tanggal 3 Maret lalu.

Dalam arahannya Mendikbud menyampaikan beberapa pesan penting diantaranya bahwa bangsa kita akan mengalami bonus demografi yaitu dimana jumlah usia angkatan kerja/produktif  dengan usia 15-64 tahun mencapai 70% sementara usia muda semakin kecil dan usia lanjut belum banyak. Bonus demografi ini akan membawa dampak social dan ekonomi salah satunya adalah menyebabkan angka ketergantungan penduduk, yaitu tingkat penduduk produktif yang menanggung penduduk nonproduktif. Ini merupaka suatu berkah. melimpahnya jumlah penduduk usia kerja akan menguntungkan dari sisi pembangunan sehingga dapat memicu pertumbuhan ekonomi ke tingkat yang lebih tinggi. Namun berkah ini bisa berbalik menjadi bencana jika bonus ini tidak dipersiapkan kematangannya. Masalah yang paling nyata adalah ketersediaan lapangan pekerjaan. Kalaupun lapangan kerja tersedia, mampukah sumber daya yang melimpah ini bersaing di dunia kerja dan pasar internasional?

Ditambahkan Pak Menteri, Pemerintah sedang menyelamatkan negara ini. Salah satu upaya Pemerintah untuk mengantisipasi keadaan tersebut yaitu dengan meningkatkan program vokasi agar mencetak siswa-siswa yang produktif dan terampil. Dan kata Mendikbud lagi, bahwa kita memiliki tanggungjawab yang besar terhadap dunia pendidikan. Kita harus mampu menjadikan sekolah sebagai rumah kedua bagi siswa. Kita harus bisa mendidik siswa agar mampu berfikir kritis, analitis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif. Hal yang paling berkesan dari kunjungan Mendikbud yaitu kesederhanaannya. Dua hari di Bandung beliau menginap di wisma PPPPTK IPA dan keesokan paginya setelah sholat subuh beliau berolahraga bersama manajemen dan pegawai PPPPTK IPA.