Selasa, 28 September 2021, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI"

Kamis, 17 Sep 2020, 08:10:06 WIB, 1988 View Administrator, Kategori : Program

Pelaksanaan Diklat Kepala Laboratorium IPA saat ini sangat beragam, baik pola pelatihan, materi maupun biaya. Diperlukan dukungan kebijakan dan regulasi dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan untuk mengatur standar pelaksanaan Diklat Kepala Laboratorium IPA.

Pada tahun 2019 PPPPTK IPA telah merintis Program Standardisasi Pelatihan Guru IPA Bersertifikat Kepala Laboratorium. Beberapa tahapan kegiatan telah dilakukan bersama Direktorat Tenaga Kependidikan, Perguruan Tinggi dan Widyaiswara PPPPTK IPA. Kegiatan tersebut menghasilkan rancangan regulasi pengelolaan laboratorium sekolah, yaitu rancangan Permendikbud Penugasan Guru sebagai Kepala Laboratorium Sekolah; penetapan PPPPTK IPA dalam penyiapan, pengembangan dan pemberdayaan Kepala Laboratorium bidang IPA; dan rancangan Juknis Pelatihan Kepala Laboratorium Sekolah.

Selanjutnya pada tahap ke-4 PPPPTK IPA mengadakan kegiatan koordinasi Standardisasi Pelatihan Guru IPA Bersertifikat Kepala Laboratorium pada tanggal 10 September 2020 yang dihadiri perwakilan Sekretariat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Widyaiswara PPPPTK IPA, unsur guru dan juga hadir secara virtual perwakilan dari Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan.

Diharapkan dengan adanya rancangan regulasi ini, dapat mengatur Penugasan Guru sebagai Kepala Laboratorium Sekolah, penetapan lembaga pelaksana pelatihan dan juknis Pelatihan kepala laboratorium sekolah, sehingga pengelolaan laboratorium di sekolah dapat dilakukan secara terstandar dan profesional.