Selasa, 18 Februari 2020, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI"

Rabu, 08 Jan 2020, 13:05:33 WIB, 993 View Boris, Kategori : Diklat

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2019 yang lalu PPPPTK IPA telah meluncurkan program Didamba (Diklat Daring Masif dan Terbuka ) sebagai salah satu program yang didedikasikan bagi guru-guru IPA di Indonesia. Program inovasi PPPPTK IPA ini di luncurkan oleh Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Dr. Supriono M.Ed. Pada tanggal 7 Januari 2020, Program Didamba ini secara resmi mulai dilaksanakan. Pembukaan kegiatan Peningkatan Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan IPA melalui Didamba ini dilakukan oleh Kepala PPPPTK IPA, Bapak Enang Ahmadi, M.Pd. secara daring, dikuti oleh peserta Program Didamba yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Pembukaan juga dihadiri oleh Pengembang Teknologi Pembelajaran Ahli Utama dari Pustekkom, Bapak Sediono, pejabat struktural PPPPTK IPA, serta tim pengampu, evaluator dan admin yang akan mengelola penyelenggaraan Didamba.

Didamba adalah inovasi yang dilakukan PPPPTK IPA untuk memperluas jangkauan layanan bagi guru dan tenaga kependidikan IPA yang ingin meningkatkan kompetensinya. Didamba dapat diakses di mana saja dan kapan saja melalui https://pkb.p4tkipa.kemdikbud.go.id/mooc. Saat ini, ada 11 kelas yang dapat diikuti dalam Program Didamba, yaitu: 1) Pemanfaatan ISPRING untukPembelajaran IPA Interaktif 2) Kelas Blended Learning IPA dengan Edublog 3) Digital Tools pada Pembelajaran STEM Materi Ekosistem 4) Analisis dan Penyusunan Soal Pilihan Ganda Berbasis Kompetensi Ilmiah 5) Pemanfaatan Whiteboard Animasi dalam Pembelajaran IPA 6) Pemanfaatan Software Tracker dalam Pembelajaran Fisika 7) KTI Guru Biologi. Pemanfaatan Media Digital sebagai Sumber Pembelajaran IPA 9) Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja 10) Pembelajaran Perubahan Lingkungan Berorientasi HOTS dan 11) Komunikasi dalam Pembelajaran.
Jumlah peserta pada Angkatan I Program Didamba adalah 50 orang per kelas. Setiap peserta dalam setiap kelas akan mengikuti pembelajaran dalam 2 tahap: Tahap 1 (Tahap Pembelajaran) selama 36 Jam Pelajaran (JP) dan Tahap 2 (Tahap Praktik) selama 32 JP. Secara keseluruhan, Program Didamba Angkatan I akan tuntas pada akhir Bulan Februari 2020. Seluruh peserta yang memenuhi syarat akan mendapatkan Surat Tanda Tamat Pendidikan dan Pelatihan atau Surat Keterangan bagi setiap tahap yang diikutinya.



Senin, 17 Feb 2020 REKAP DATA PKP 2019