Selasa, 17 September 2019, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI"

Minggu, 18 Agu 2019, 13:57:20 WIB, 266 View Boris, Kategori : Diklat

Dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan pembelajaran sains yang melatihkan keterampilan abad 21 melalui pendekatan STEM, selama satu minggu dari tanggal 8 hingga 14 Juli 2019, P4TK IPA melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan IPA berbasis STEM yang terintegrasi dalam Kurikulum 2013 yang dilaksanakan di Hotel Sany Rosa Kota Bandung. Peserta  kegiatan berjumlah 120 orang terdiri dari guru IPA SMP Fisika, Kimia dan Biologi yang berasal dari seluruh Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang Fasilitasi dan Kompetensi P4TK IPA Dr. Lina Herlina,M.Ed membuka acara secara resmi..

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan pola in-on-in dan ini merupakan tahap in service training 1. Kegiatan on-the-job learning akan dilaksanakan selama 6 (enam) minggu, bertempat di sekolah masing-masing. Pada tahap ini peserta mendapatkan bimbingan dri Widyaiswara PPPPTK IPA secara daring.  Tahap terakhir yaitu in-service training 2 dilaksanakan selama 4 (empat) minggu bertempat di MGMP masing-masing, juga mendapatkan  bimbingan dan laporan yang dilaksanakan secara daring.

Kompetensi  yang diharapkan dicapai peserta diklat yaitu; 
Memahami pendidikan abad 21 dan filosofi STEM, Memahami karakteristik pembelajaran STEM, Menganalisis KD dan topik sesuai STEM pada kurikulum 2013, menyusun RPP dengan pendekatan STEM, memahami penerapan model-model pada pembelajaran STEM, memahami instrumen penilaian pembelajaran berbasis STEM, dan melaksanakan pembelajaran IPA dengan pendekatan STEM. (ARh)