Selasa, 17 September 2019, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BEBAS DARI KORUPSI"

Minggu, 18 Agu 2019, 14:08:47 WIB, 49 View Boris, Kategori : Umum

Tim Inspektorat Jenderal Kemdikbud memantau, mengevaluasi, memotivasi, mendorong, mengingatkan kembali dokumen data dukung terkait pembangunan ZI-WBK/WBBM di PPPPTK IPA sebagai salah satu Calon Satker ZI-WBK/WBBM. Hal itu dilakukan dalam kunjungannya ke PPPPTK IPA tanggal 25 sd 27 Juli lalu.

Dalam arahannya yang bertema, “Upaya Pencegahan Korupsi melalui ZI-WBK/WBBM”, Hindun Basri Purba, yang menjabat Ketua Tim RBI Pusat, menyampaikan tata nilai yang merupakan Keputusan Mendikbud No. 082/P/2016 tentang Model Panutan Pengembangan Budaya Kerja di Lingkungan Kemendikbud, yaitu memiliki integritas, menjunjung meritokrasi, aktif, pembelajar, inisiatif, kreatif, inovatif, dan tanpa pamrih.

Lebih jauh beliau menambahkan bahwa hakikat pembangunan ZI-WBK /WBBM yaitu merupakan miniatur implementasi birokrasi di unit kerja, bertujuan untuk membangun program reformasi birokrasi sehingga mampu mengembangkan budaya kerja birokrasi yang anti korupsi, berkinerja tinggi dan memberikan pelayanan publik yang berkualitas, dan membangun percontohan pada tingkat unit kerja instansi milik  pemerintah sebagai unit menuju WBK dan WBBM Terdapat lima langkah  utama pembangunan Zona Integritas, tambahnya, yaitu: 1. Komitmen; Pimpinan dan semua karyawan dengan melibatkan bawahan dalam pelaksanaan reformasi birokrasi dan menularkan semangat dan visi yang sama; 2. Memudahkan pelayanan: Menyediakan fasilitas lebih baik dan semangat hospitallity untuk kepuasan public; 3. Program yang menyentuh masyarakat: Membuat program yang membuat unit kerja lebih dekat ke masyarakat sehingga masyarakat merasakan kehadiran unit kerja tsb; 4. Monitoring evaluasi; 5. Menetapkan strategi komunikasi untuk memastikan bahwa setiap aktifitas dan inovasi yang telah dilakukan diketahui oleh masyarakat. (ARh)