Sabtu, 25 September 2021, WIB "PPPPTK IPA SIAP MEMBANGUN ZONA INTEGRITAS MENUJU WILAYAH BIROKRASI BERSIH DAN MELAYANI"

Kamis, 12 Agu 2021, 10:02:18 WIB, 200 View Administrator, Kategori : Diklat

Mengawali pelaksanaan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 3, PPPPTK IPA menyelenggarakan kegiatan lokakarya 0 di 9 Kabupaten/Kota sasaran program PGP angkatan 3 di wilayah Kalimantan yaitu: Kab. Katapang, Kab. Barito Kuala, Kab. Hulu Sungai Selatan, Kab. Hulu Sungai Utara, Kota Banjarbaru, Kab. Barito Selatan, Kab. Barito Utara, Kota Bontang, Kab. Tana Tidung.

Di tengah situasi pandemi Covid-19, kegiatan Lokakarya 0 dilaksanakan secara daring pada tanggal 7 Agustus 2021, kecuali di Kab. Barito Selatan yang mengalami penundaan karena pemadaman listrik.

Penyelenggaraan Lokakarya 0 terbagi ke dalam 2 sesi, sesi awal (pembukaan) dan sesi pembelajaran inti.

Sesi awal Lokakarya 0 dihadiri oleh perwakilan dinas pendidikan provinsi dan kab./kota, perwakilan Pengawas Sekolah dari setiap jenjang satuan pendidikan, perwakilan fasilitator, pengajar praktik, dan Calon Guru Penggerak (CGP) beserta kepala sekolah masing-masing. Penanggung jawab PGP PPPPTK IPA di setiap kab./kota mengawali sesi pembukaan dengan penyajian pengantar program, dilanjutkan dengan penyampaian kebijakan pemerintah daerah atau dinas pendidikan dalam mendukung program PGP oleh kepala dinas pendidikan provinsi dan kab./kota.

Di Kota Bontang, pembukaan kegiatan dilakukan oleh Walikota Bontang didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Bontang dan dihadiri oleh Kepala PPPPTK IPA.

Sesi pembelajaran inti diikuti oleh seluruh CGP bersama kepala sekolahnya, dipandu oleh para pengajar praktik. Melalui aktivitas yang dilakukan, calon guru penggerak diharapkan dapat mengenal ekosistem belajar di PGP, menceritakan harapan, dan kekhawatiran terkait program ini, serta mengidentifikasi tantangan yang akan dihadapi dan dukungan yang bisa didapatkan. Di akhir kegiatan, diharapkan terbangun komitmen dari CGP dan Kepala Sekolah untuk bersama-sama melaksanakan proses transformasi sekolah.